Tubuh Tetap Fit Saat Puasa

Bulan suci Ramadhan telah tiba. Ini saatnya umat muslim di seluruh dunia menjalankan ibadah puasa. Agar tubuh tetap berstamina meski tengah berpuasa, perbanyaklah konsumsi buah dan sayuran saat buka maupun sahur.
Kedua bahan tersebut dianggap banyak mengandung vitamin serta mineral, sehingga baik untuk menjaga stamina selama menjalankan ibadah puasa.
Buah dan sayur baik untuk melancarkan metabolisme tubuh. Beda kalau kita makan banyak nasi saat sahur maupun buka puasa. Karena pengosongan lambung ketika mengkonsumsi nasi lebih cepat dibanding dua bahan tadi. Itulah kenapa, banyak makan nasi perut gampang lapar, sedangkan buah dan sayur, kenyangnya lama.
Selain itu, saat buka puasa disarankan melahap makanan dalam porsi kecil terlebih dahulu. Baiknya sedikit dulu serta bertekstur lunak, bila tidak maka lambung bisa kram (coliq abdomen). Selain itu hindari makanan yang merangsang digestifus (asam lambung), kurang baik bagi yang punya maag.
Ketika adzan maghrib berkumandang, pinggirkan dulu makanan pedas atau kecut serta minuman dingin. “Di saat kita berpuasa selama satu hari penuh, artinya tidak ada gizi dan posisi pencernaan panas. Jika kita langsung menelan makanan pedas, kecut serta dingin tentu organ pencernaan akan kaget. Biasakan minum yang hangat-hangat dulu serta manis,contoh air yg diberi madu asli,berbuka dgn korma dsb.
Biar tidak ngantuk setelah buka dan siap menjalankan ibadah sholat tharawih, dianjurkan mengkonsumsi makanan tidak berlemak. Habis buka puasa terus ngantuk biasanya waktu makan banyak mengandung lemak, semacam kolak, itu karena pengaruh asam laktat.

Iklan

Komentar ditutup.