Sehat Berkah Bahagia Dengan Kurma

SEHAT BERKAH BAHAGIA DENGAN KURMA – Bila dimakan oleh anak-anak, maka kurma memberi khasiat untk mencerdaskan otak mereka. Cukup beralasan, bila Rasullah s.a.w menganjurkan bagi para isteri yang mengandung untuk makan buah kurma. Sabda Nabi, Berilah makan buah kurma kepda isteri-isteri� kamu yang sedang hamil, karena isteri-isteri kamu yang sedang hamil. Karena sekiranya wanita hamil itu memakan buah kurma, niscaya anak yang akan lahir kelak akan menjadi anak yang penyabar, bersopan santun serta cerdas. Sesungguhnya makanan Siti Maryam takkala melahirkan Nabi Isa a.s adalah buah kurma.

Sekiranya, Allah s.w.t., menjadikan suatu buah yang lebih baik dari pada buah kurma, maka Allah telah memberi makan buah itu kepada Siti Maryam

Adalah Q.S. Maryam, ayat 25-26 perihal Siti Maryam yang disinggung Nabi diatas. Firman Allah : Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, maka pohon itu akan menggugurkan buah yang masak kepadamu, maka makan serta minumlah dan bersenang hatilah kamu.

Waktu itu, dikisahkan Siti Maryam hendak melahirkan Nabi Isa a.s dibawah pohon kurma. Lalu Malaikat Jibril datang dan menyuruh Maryam menggoncangkan pohon kurma. Buah kurma yang matang itu berjatuhan. Dan Maryam pun memakan buah kurma yang telah masak tersebut. Atas izin Allah s.w.t dan kebesaran- NYA, proses persalinan atau kelahiran Nabi Isa a.s menjadi mudah.

Bahkan, dalam hadist yang lain Beliau sendiri sempat menyatakan, Rumah yang tidak ada kurmanya seperti rumah yang tidak ada makanan. Perkataan Rasullah tersebut menunjukan betapa pentingnya khasiat yang dapat diambil dari buah kurma.

Kurma berlaku sebagai obat, manisan, dan dzat gizi makanan. Ngumpul dalam buah yang unik. Gak bisa ditanem disembarang tempat, khusus. Subhanallaah..

Badan Kesahatan Dunia (WHO), zat gula yang ada didalam kurma itu berbeda dengan gula pada buah-buahan lain seperti gula tebu atau gula pasir yang biasa mengandung sukrosa dimana zat itu langsung diserap kedalam tubuh.

Hal ini membuat gula itu harus dipecahkab terlebih dahulu oleh enzim sebelum berubah menjadi glukosa. Sebaliknya, kurma tidak menbutuhkan proses demikian.

Sementara potasium didalam kurma berguna untuk mengatasi masalah stress, sembelit dan lemah otot. Tidak hanya itu, berkat zat besi dan kalsium yang ada pada kurma, orang bakal terhindar dari penyakit yang beresiko tinggi seperti penyakit jantung dan kencing manis.

Buktinya buah Kurma walau manis, semut tidak doyan bukan ?

Di Tarhib, Tahfidz Tim Ustadz kompak menganjurkan kurma, baik saat kultum dan bukber sekaligus tips pembagian kurma dan penjelasannya kepada dhuafa, yatim agar hidup lebih banyak sehatnya, lagi pula dari makanan Sunnah yang bakalan menjadi darah ini pula Insya Allah berpengaruh sama Ahlak, kesehatan dan semangat ibadah karena terjamin berkah dan halal ikuti Sunnah Nabi. Banyak sekali hadist betapa Nabi seakan makannya kurma saja, terlepas dari kesederhanaan Rasulullah SAW pastilah dibalik itu ada hikmah, gak rugi kita yang mengidolakannya ikut menjalankan

Dizaman makanan sudah macam-macam campuran, minyaknya gak ketahuan, belum zat-zat lain bila kita pelajari banyak kasus yang menyeramkan, maka marilah saling mengajak agar setiap keluarga mesti menyimpan kurma sebagai penganan wajib dirumahnya. Oleh karena itu, kita seharusnya memakan buah kurma bukan hanya dibulan puasa saja, tapi juga menjadikan kurma makanan sehari-hari.

Entah itu dimakan pagi hari sebagaimana yang pernah dianjurkan Nabi diatas atau sebagai makanan ringan ketika sedang santai nanti malam atau hari biasa

Posted from WordPress for BlackBerry.

Komentar ditutup.